Selasa, 26 Februari 2013

Dasar – Dasar HTML – Bagian 1

dasar html img
Pengenalan HTML
HTML merupakah kependekan dari Hypertext Markup Language yang dimana HTML ini merupakan pembangun dari sebuah website. Jadi tampilan website yang kita lihat tersebut struktur pembangun utamanya adalah HTML. Kemudian HTML itu merupakan “Client Side Scripting” yaitu bekerja pada bagian klien, atau bisa kita terjemahkan  bahwa apa yang kita lihat didalam sebuah web browser, maka kita dapat pula melihat sintaksnya pada web browser tersebut yaitu dengan cara melihat Source Codenya (Ctrl+U). Lain halnya dengan PHP atau ASP yang merupakan “Server Side Scripting”, yaitu server melakukan pengolahan data terlebih dahulu sebelum memberikan hasilnya kepada klien atau sebelum ditampilkan pada web browser.


Element HTML
Dokumen HTML tersusun dari elemen – elemen. Yang dimaksud dengan elemen yaitu komponen – komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contohnya yaitu: head, title, body, list, table, dan lain sebagainya.

Sintaks Dasar HTML
Didalam HTML terdapat tiga jenis tag, yang mana setiap tag tersebut memiliki penulisan yang tidak terlalu berbeda dengan yang lainnya. Yaitu:
  1. Tag Pembuka
  2. Tag Penutup
  3. Tag Tunggal
Penjelasan:
  1. Tag PembukaPenulisan tag pembuka yaitu dengan tanda “<” “elemen” “>”. Contoh: <body>
  2. Tag PenutupPenulisan tag pembuka yaitu dengan tanda “</” “elemen” “>”. Contoh: </body>
  3. Tag Tunggal
    Penulisan tag pembuka yaitu dengan tanda “<” “elemen” “/>”. Contoh: <br />
Setiap tag pembuka harus mempunyai tag penutup, misalnya: pembuka <body> harus ditutup dengan </body>, jadi nama elemenya harus sama. Akan tetapi pada penulisan tag tunggal tidak perlu mempunyai tag penutup, karena memang tag tuggal ini telah mempunyai penutupnya sendiri seperti contoh diatas. Beberapa contoh dari tag tunggal yaitu: <br /> dan <hr />.
Kemudian, untuk membangun sebuah halaman web, terdapat sebuah tag dasar HTML yang harus diperhatikan dan harus dipahamai yaitu:
<html>
<head>
<title>Judul Website</title>
</head>
<body>

“isi yang akan ditampilkan pada halaman web browser”

</body>
</html>
Jadi, taga diatas merupakan tag dasar dari HTML, dan perhatikannlah penulisan dari setiap tag. Setiap tag yang dibuka harus ditutup, dan urutannyapun harus diperhatikan dan dipahami.

“Bagian selanjutnya menyusul” – Websiter Newbie

Unknown

Terima kasih telah berkunjung ke Websiter Newbie. Tempatnya menambah ilmu bagi para newbie.
Websiter Newbie / Study from zero to hero !

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Websiter Websiter Newbie.